SUDAJI KAMPUNG HALAMANKU

SUDAJI KAMPUNG HALAMANKU
TEMPLATE

Senin, 22 Januari 2018

GOA SUDAJI

Di sebelah utara wilayah desa Sudaji, tepatnya di Subak Juwuk, banjar Bantas terdapat goa yang letaknya cukup tersembunyi dan selama ini belum pernah diperbincangkan di kalangan umum. Goa ini terletak di pinggir sungai Penarukan dan dikelilingi semak belukar yang merupakan area perkebunan milik masyarakat setempat. Untuk mencapai tempat ini, kita dapat mencapainya dengan sepeda motor dari jalan aspal dekat Pura Sang Peta. Lebih kurang 500 meter dari bersepeda motor karena jalannya hanya setapak dan dibeton. Kemudian kita harus berjalan kaki menuju pinggiran sungai. Ada sekitar 3 buah goa utama yang terdapat disini. Konon goa ini dibangun pada saat era penjajahan Belanda. Goa ini dipakai untuk bersembunyi bagi para pejuang untuk menghindari penangkapan dari tentara Belanda dan juga bergerilya bagi para pejuang.
Cerita lain menyebutkan bahwa goa ini juga dipakai saat terjadi Revolusi tahun 1963 ketika meletus pemberontakan G30SPKI.

Goa ini jarang dimasuki oleh orang-orang sehingga masih  tampak alami dan kelihatan menyeramkan. Beberapa hewan kecil seperti reptil dan serangga menghuni goa ini. Juga terdapat sarang kelelawar. Sepertinya ada juga sekali-sekali binatang landak masuk ke tempat ini, terbukti dengan adanya jebakan berupa lubang dan tali yang dibuat oleh penduduk setempat.

Struktur tanah yang berupa tanah paras (cadas tanah yang tidak terlalu keras) memungkinkan dibuatnya goa ini karena mudah untuk digali atau dicongkel.

Uniknya, goa ini juga dibuat untuk saluran air yang menghubungkan sungai tertentu agar airnya  dapat lewat ke bagian wilayah tertentu.









Tidak ada komentar :

Posting Komentar