SUDAJI KAMPUNG HALAMANKU

SUDAJI KAMPUNG HALAMANKU
TEMPLATE

Jumat, 19 Januari 2018

LOTENG PANGI SUDAJI

Pangi adalah nama buah lokal yang dalam bahasa Jawanya disebut Kluwek dan dalam bahasa Latin dinamakan Pangium Edule, yang mana kini semakin langka. Bisa jadi karena nilai ekonomisnya yang kurang prospektif. Namun keberadaannya masih bisa ditemukan di beberapa daerah pedesaan, seperti di Desa Sudaji, Buleleng Bali ini. Buah pangi ini dipakai untuk penganan sebagai tambahan lauk untuk makan nasi. Di pasar tradisional Sudaji masih ada beberapa pedagang yang menjualnya dan masyarakat generasi tua sangat menyukainya.

Penganan yang terbuat dari buah Pangi ini disebut Loteng Pangi. Bentuknya seperti kue biskuit berdiameter lebih kurang 3 - 4 cm dengan ketebalan 1 - 1,5 cm. Berwarna coklat tua dan bertekstur lembek.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut : Isi/daging buah Pangi (yang dinamakan Jelajah) dikeruk dan dikumpulkan dalam satu wadah, kemudian diulek dengan bumbu (garam, terasi, bawang, cabai, temu kunci). Setelah cukup halus lalu adonan pangi mentah dibentuk seperti kue biskuit bulat, kemudian dijemur beberapa saat (kurang lebih 1 jam) dan setelah itu siap digoreng dengan minyak kelapa. Loteng Pangi siap disajikan. Selamat menikmati.



Jelajah pangi (daging buah pangi)

 Loteng Pangi siap saji


Pohon dan Buah Pangi


Tidak ada komentar :

Posting Komentar