SUDAJI KAMPUNG HALAMANKU

SUDAJI KAMPUNG HALAMANKU
TEMPLATE

Kamis, 26 April 2018

RAFTING DI SUNGAI SUDAJI

Aktifitas petualangan bisa pula dikembangkan di desa Sudaji. Dengan memanfaatkan aliran air sungai yang jernih dan cukup deras serta pemandangan alam sekitar yang masih alami menghijau sangat mendukung kegiatan arung jeram ini yang lebih dikenal dengan rafting.
Kelompok Sadar Wisata atau POKDARWIS Desa Sudaji telah merintis wisata ini sejak beberapa bulan  lalu, sekitar bulan Mei 2017.

Sungai Sudaji termasuk grade 3 yang mana jeram-jeram sungai aliran arus airnya terbilang sedang dan layak untuk diarungi dengan perahu karet (rafting). Minimal untuk anak-anak 10 tahun ke atas dapat mencoba kegiatan rafting ini. Tentu saja faktor keamanan dan keselamatan tetap diutamakan yaitu dengan perlengkapan jaket pelampung, helem dan dayung. Beberapa petunjuk oleh instruktur akan diberikan sebelum mengarungi sungai yang disebut Safety Talk yaitu penjelasan bagi peserta rafting yang akan mengarungi sungai seperti cara mendayung, cara memakai helem dan jaket yang benar, cara menyelamatkan diri ketika terjatuh ke sungai dan juga cara berenang yang aman.

Perjalanan rafting di Sungai Sudaji sekitar 1,5 jam dengan mengambil start di air terjun Lemukih (Fiji Waterfall atau Gerombong Waterfall) kemudian menyusuri hilir sungai yang menuju ke Desa Sudaji. Dalam perjalanan kita dapat menikmati alam yang sangat indah dan menawan, hutan yang masih alami serta lembah-lembah sungai yang memikat untuk dieksplorasi. Apabila kita perlu beristirahat sejenak, maka ada beberapa tempat pemberhentian yang cukup bagus untuk jeda sambil ngobrol atau mengambil foto-foto atau sekedar menikmati makanan atau merokok.

Ada satu tempat atau jeram yang sangat menantang namun tetap aman yaitu di bendungan Sanda yang berada di wilayah Abangan, Sudaji. Di dam ini ada jeram dengan ketinggian sekitar 3 meter dan dengan perahu karet kita bisa mengarunginya dan terjun bebas bersama rafting. Tentu saja ada rasa sensasional yang dapat dirasakan oleh peserta arung jeram. Nyali kita akan diuji saat detik-detik pengarungan dan hal ini sangat mengesankan.

Kemudian arung jeram ini dilanjutkan lagi sampai finish di Ganda Meru, yaitu suatu kawasan yang indah dengan bangunan damnya yang besar dan pemandangan dengan latar belakan bukit Sudaji yang mempesona. Di bendungan ini pula kita dapat berselfie ria sambil duduk beristirahat, ngobrol atau menikmati makanan dengan suasana pedesaan yang indah alami.













Tidak ada komentar :

Posting Komentar